Kinerja Ciamik CMRY

CMRY mencatatkan kinerja ciamik pada tahun 2022. Pendapatan dan laba bersihnya tumbuh cukup baik, yaitu sebesar 56% dan 34% secara berututan. Pertumbuhan yang cukup baik ini merupakan yang kesekian kalinya diperoleh oleh CMRY. Bagaimana kinerja CMRY sepanjang tahun 2022? Bagaimana pula prospek CMRY? Mari kita bahas!

Latar Belakang

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan, kita akan membahas latar belakang dan lini bisnis CMRY. PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (Cimory) merupakan salah satu produsen produk susu premium dan makanan konsumen premium yang ada di Indonesia. Perusahaan didirikan pada tahun 2004 dan melakukan penawaran saham perdana pada 6 Desember 2021. Produk susu CMRY meliputi produk yogurt dan susu yang dipasarkan dengan merek dagang “Cimory”. Sedangkan produk makanan merupakan produk siap masak dan siap saji seperti sosis, nugget ayam, daging luncheon, dan bakso. Produk makanan ini dipasarkan melalui merek dagang “Kanzler”. Pasar utama pemasaran adalah menyasar pasar domestik. Selain domestik, perusahaan juga merambah ke ranah ekspor dengan negara tujuan Filipina dan Singapura.

Kinerja Keuangan

Pada tahun 2022 perusahaan mencatatkan kinerja yang cukup bagus. CMRY membukukan pendapatan sebesar Rp6.38 triliun pada tahun 2022. Perolehan ini mengalami peningkatan sebesar 55.73% dibandingkan tahun 2021 yang sebesar Rp4.09 triliun. Penjualan utama berasal dari produk olahan susu yang berkontribusi sebesar Rp3.53 triliun atau sekitar 55.41% dari total penjualan. Sisanya berasal dari segmen makanan konsumsi. Sedangkan berdasarkan tujuan geografis, penjualan domestik mencapai Rp6.33 triliun. Artinya penjualan domestik menyumbang 99% dari total penjualan. Selain pendapatan, laba kotor dan laba usaha CMRY juga mengalami kenaikan masing-masing sebesar 35.22% dan 24.72% secara berurutan. Alhasil laba bersih juga mengalami kenaikan dari Rp790.19 miliar menjadi Rp1.06 triliun.

Gambar : Trend Segmen Penjualan

Kinerja CMRY dari tahun ke tahun terus mengalami pertumbuhan. Dapat dilihat dari trend segmen penjualan, kedua segmen terus mencatatkan pertumbuhan yang cukup baik sejak tahun 2019. Pertumbuhan tahunan segmen produk susu dalam tiga tahun terakhir mencapai 60.36%. Sedangkan segmen produk makanan sebesar 74.74%. Secara total, pertumbuhan penjualan CMRY dalam tiga tahun terakhir mencapai 66.13%. Pertumbuhan tahunan laba bersih juga mengalami pertumbuhan yang sangat baik, yaitu sebesar 114.17% per tahun sejak tahun 2019.

Gambar : Trend Return On Equity

Selain laba bersih yang terus mengalami peningkatan, ROE perusahaan juga kembali mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari gambar di atas, ROE sempat mengalami penurunan pada tahun 2021. Akan tetapi hal ini wajar mengingat pada tahun tersebut CMRY melakukan IPO. Yang perlu kita lihat adalah ROE pada tahun berikutnya, yaitu 2022, ROE telah mencatatkan pertumbuhan yang sangat baik hingga mencapai 20.17%.

Prospek

Gambar : Konsumsi Susu Per Kapita (Liter)

Prospek segmen susu di Indonesia saat ini masih sangat bagus. Hal ini dapat dilihat dari tingkat konsumsi susu di Indonesia yang masih cukup rendah dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Itu artinya masih ada ruang yang cukup luas bagi CMRY untuk bertumbuh. Saat ini tantangan yang dihadapi CMRY adalah bagaimana perusahaan mampu mengambil pangsa pasar pesaing yang sudah cukup matang di segmen susu olahan. Pangsa pasar CMRY saat ini masih cukup kecil jika dibandingkan dengan Ultrajaya, Frisian Flag, Indomilk, Milku, dan beberapa merek lainnya. Namun jika kita lihat perkembangan CMRY yang cukup pesat saat ini bukan tidak mungkin CMRY menjadi salah satu pemegang utama pangsa pasar susu olahan di Indonesia. Sehingga secara kesimpulan bahwa prospek CMRY ini cukup bagus untuk jangka panjang.

Kesimpulan

Kamu ingin mempelajari cara membaca laporan keuangan dan memproyeksi prospek perusahaan dalam beberapa tahun ke depan? Pelajari selengkapnya di Cuanderful Investing Mastery sekarang!

Kinerja CMRY pada tahun 2022 cukup bagus. Begitu juga dengan pertumbuhan kinerja perusahaan sejak tahun 2019 yang mencatatkan pertumbuhan pendapatan dan laba sangat tinggi, yaitu mencapai 60-an% dan lebih dari 100% secara berurutan. Selain itu, tingkat konsumsi susu yang masih rendah di Indonesia membuka peluang yang besar bagi CMRY untuk bisa merebut pangsa pasar pesaingnya.


Disclaimer : Segala informasi yang terdapat dalam artikel ini semata untuk tujuan edukasi dan tambahan referensi, bukan untuk tujuan rekomendasi terkait keputusan investasi maupun trading serta keuangan apapun. Setiap keputusan investasi maupun trading merupakan tanggung jawab masing – masing individu karena tujuan investasi maupun trading dan profil risiko perorangan akan berbeda satu sama lain.

Informasi Tambahan :

  • Dapatkan update seputar pasar saham gratis di channel telegram dengan klik link disini!
  • Untuk kamu yang ingin menjadi trader mandiri, ikuti kelas trading dengan klik link disini!
  • Untuk kamu yang ingin menjadi investor mandiri, ikuti kelas investing dengan klik link disini!
  • Untuk kamu yang ingin tau saham pilihan tim Cuanderful untuk trading dan investing bisa ikuti membership Cuanderful+ dengan klik link disini!

2023 © Cuanderful Indonesia

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *